IMM Blitar dan Websitenya





imm-blitar.or.id - Sambil ngopi sore, sekalian ngobrol tentang blog, website dan aneka macamnya, tiba-tiba terfikir membuat blog untuk IMM Blitar, sekaligus memilih domain yang cocok. Karena ada Ibnu yang juga Kabid RPK (Riset dan Pengembangan Keilmuan), maka sekalian diputuskan. Soal kesepakatan pengurus, biar dia yang berkomunikasi.

Domain yang dipilih adalah or.id yang merupakan domain khusus organisasi Indonesia. Selama ini, orang mungkin banyak mengenal domain .com .net atau .id tapi sebenarnya ada variasi domain yang lebih spesifik. Misal .tv .coffe .me dll. Untuk organisasi biasanya or.id atau org.

Karena menggunakan domain or.id, maka perlu persyaratan seperti KTP dan SK Kepengurusan. Jadilah website IMM Blitar beralamat di www.imm-blitar.or.id

Domain tersebut bisa didapatkan di penyedia jasa. Kami membelinya di Niagahoster. Tiap domain memiliki harga yang berbeda-beda. Singkatnya, setelah domain didapat, kemudian dipilihlah template/tampilan website yang sesuai, yang sekiranya sederhana namun enak dibaca. Memang ada banyak penyedia template, mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Atau jika memiliki keahlian, bisa membuat sendiri.

Berikutnya, secara bertahap tampilanya disempurnakan, sampai sekiranya sudah layak dipublikasikan. Saat ini barangkali sudah layak dipublikasi, meski secara berkesinambungan akan terus diperbaiki, selain tentu saja diisi artikel, konten, berita, dan tulisan yang lain.

Ibnu sebagai Kabid RPK—yang tentu merangkap sebagai P.J Media—sepertinya sudah cukup mumpuni untuk mengelolanya, tinggal bagaimana nantinya itu ditularkan ke kader berikutnya. Tapi biar itu berjalan seiring waktu, toh belajar semacam ini tidak begitu sulit, apalagi dengan banyaknya warganet baik hati yang setia membagikan ilmu dalam bermacam tutorialnya.

Tinggal bagaimana mempersiapkan pengelolanya, baik yang teknis sampai pengisi konten, kontributor, atau creator-creator lain. Penulis? Ya itu perlu, tapi seringkali banyak orang mengernyitkan dahi ketika mendengar kata penulis atau menulis, seolah itu hal yang sangat sulit.

Kalau begitu kita rubah saja sebutannya dengan creator, yang artinya orang yang berkreasi. Bagaimana kader-kader nantinya bisa menjadi creator dalam banyak hal. Tidak harus menulis, toh pada zaman now konten berkembang sedemikian beragamnya. Seperti video, meme-meme, quotes, berbagai ilustrasi atau hal-hal lain yang menyenangkan, mulai dari yang serius sampai yang kocak.

Website ini akan menjadi semacam pemantik, yang bisa menampung ide, pemikiran, kreatifitas sekaligus untuk menginformasikan kegiatan IMM atau yang lainnya secara lebih luas. Salah satunya misal, dengan mulai menulis profil tokoh Muhammadiyah di Blitar raya, dalam bentuk biografi singkat. Ini akan menjadi salah satu sumbangsih IMM yang sangat berharga, sebab profil-profil tersebut akan terus dibaca generasi berikutnya.

Ide lainnya? Tentu kader-kader lain akan memiliki banyak ide untuk ini, termasuk ide bagaimana mendatangkan iklan untuk website ini nantinya. Selamat berkreasi. Fastabiqul Khoirot.

Blitar, 30 Desember 2017
Ahmad Fahrizal Aziz
www.fahryzal.com

Tidak ada komentar