Charles S. Pierre: 4 metode memperoleh keyakinan

METHOD OF EFFECTING A SETTLEMENT OF OPINION
(cara mempengaruhi menyelesaikan opini)


Menurut Charles Sander Pierce seorang Filsuf, ahli logika dan matematika asal Cambrigde Massachuseets Amerika Serikat, untuk memperoleh keyakinan seorang peneliti bisa menggunakan 4 (empat metode), antara lain:
Method Of Tenacity (metode ketahanan). Metode ini Mengambil keyakinan apapun yang dianggap benar untuk menggantikan keraguan tersebut tanpa memikirkan ada alternatif lain. Metode ini hanya bisa menyelesaikan masalah personal, tapi menyisakan permasalahan sosial. Misalnya, seseorang bisa meyakini atau melakukan yang dianggap benar dari keraguan sebelumnya, tetapi belum tentu masyarakat menerima hal tersebut.
Method Of Authority (metode otoritas), yaitu metode menerima keyakinan tidak sesuka hatinya, tetapi berasal dari sumber tertentu yang bersifat otoritatif/ diterima secara umum oleh anggota masyarakat. Beberapa teknik yang bisa digunakan agar keyakinan bisa diterima secara umum seperti propaganda, cuci otak serta control atas media massa. Efektifitas metode ini sangat ditentukan oleh kekuatan yang besar  seperti pemerintah.
The A Priori Method (metode apriori), Yaitu Sering Disebut “Metode Inklinasi” Atau “Metode perkembangan opini secara alami”. Dalam metode ini tingkat keyakinan diperoleh karena kejelasan berdasarkan logika sehat. Pada taraf tertentu bersifat “intuitif’ sesuai dengan “perasaan” apa yang dianggap benar, tepat dan sesuai. Oleh karena itu keyakinan ini besifat subyektif (apa yang dianggap benar oleh seseorang bisa saja salah bagi yang lainnya, sebgitu juga sebaliknya)
Charles sandres pierre
Merurut Charles S. Pierce, ketiga metode diatas dirancang untuk bisa memberikan penjelasan kunci kepada metode yang keempat. Metode yang ke empat tersebut adalah
Method Of Science (metode pengetahuan), yaitu metode yang asasnya adalah investigasi. Menurutnya, metode ini adalah metode yang terpercaya. Pierce juga menyebut metode ini dengan metode ilmiah (science), penemuan ilmiah (inquiry) dan penalaran (reasoning.

Pustaka:
Mu’ammar M. Arfan, “Studi islam perpektif insider/outsider”,Yogyakarta. Diva Pres. 2013.
 ____________________
Oleh:
Khabib Mulya Ajiwidodo
(ketua umum PC. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kediri periode 2010-2011)

Tidak ada komentar