6 KARAKTERISTIK MUSLIM PROGRESIF

6 KARAKTERISTIK MUSLIM PROGRESIF



Abdullah Saeedadalah salah satu dari ratusan pemikir Islam di dunia. Pada dirinya ada spirit bagaimana ajaran-ajaran Islam itu bisa shalih li kulli zaman wa makan. Spirit inilah yang disebut dengan Islam Progresif, sebyeknya dikenal dengan Muslim Progresif, Sedangkan metode yang digunakan oleh muslim progresif disebut dengan Progresive Ijtihadi.

Profesor Abdullah Saeed


Dalam bukunya Islamic Thought, Abdullah saeed menyebutkan 6 (enam) karakteristik yang (harus) dimiliki oleh mereka yang menyebut dirinya sebagai Muslim Progresif, yaitu:

1.Mereka mengadopsi pandangan bahwa beberapa bidang hukum islam tradisional memerlukan perubahan dan reformasi substansi dalam rangka menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat muslim saat ini.

2.Mereka cenderung mendukung perlunya Fresh Ijtihad dan metodologi baru dalam ijtihad untuk menjawab permasalahan-permasalahan kontemporer.

3.Beberapa diantara mereka juga mengombinasikan kesarjanaan islam tradisional dengan pemikiran dan pendidikan barat modern.

4.Mereka secara teguh berkeyakinan bahwa perubahan sosial, baik pada ranah intelektual, moral, hukum, ekonomi atau teknologi, harus direfleksikan dalam hukum Islam.

5.Mereka tidak mengikatkan dirinya pada dogmatisme atau mazhab hukum dan teologi tertentu dalam pendekatan kajiannya.


6.Mereka meletakkan titik tekan pemikiranya pada keadilan sosial, keadilan gender, HAM dan relasi yang harmonis antara muslim dan non-Muslim.

______________________
Oleh :

Khabib Mulya Ajiwidodo
(Kader Muda Muhammadiyah asal Trenggalek)


Tidak ada komentar