Hmps Stikes Strada Kediri mengadakan BTOPH II

HMPS STIKES STRADA KEDIRI MENGADAKAN BTOPH




Kediri - Seperti tahun sebelumnya, Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Program Pendidikan Ilmu Kesehatan Masyaratakat (IKM)  Stikes Surya Mitra Husada (S-Strada) kediri mengadakan ospek jurusan, kegiatan tersebut diberi nama Basic Training Of Publik Health/  BTOPH. Pada tahun ini, kegiatan BTOPH di laksanakan pada tanggal 31 Oktober dan tanggal 4 dan 5 November 2016. Tempat berlangsungnya kegiatan positif ini di gedung utama Prodi Kesehatan masyarakat Stikes strada kediri.

Febe elok, selaku salah satu panitia kegiatan memberikan keterangan “tema BTOPH tahun ini adalah “dare to be different. kegiatan ini adalah bentuk pengenalan tentang Ilmu Kesehatan masyarakat kepada para mahasiswa baru, dari sini di harapkan para mahasiswa baru bisa mengenal tentang perkuliyahan yang akan mereka geluti selama 4 tahun kedepan”

Kegiatan ini dari tahun ketahun sangat diminati oleh mahasiswa khususnya mahasiswa baru serta mendapatkan dukungan penuh dari pihak kampus. Materi yang diberikannya pun cukup beragam, dengan pemateri - pemateri yang mumpuni. Pada tahun 2016 ini, materi yang diberikan antara lain adalah materi peminatan ilmu kesehatan masyarakat. Pada materi ini diisi oleh salah seorang Dosen Stikes strada kediri. Pemateri menjelaskan dengan gamblang mengenai apa saja peminatan – peminatan yang ada di Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat.





suasana penyampaian salah satu materi 

Adapun materi selanjutnya diisi oleh salah seorang alumni Stikes Strada kediri, Khabib M ajiidodo,  Ia  memberikan wawasan mengenai pentingnya menjadi mahasiswa dan peran mahasiswa bagi umat dan bangsa . “mahasiswa adalah agent perubahan, control sosial dan iron stock bangsa, karena itu ketika sudah berniat untuk kuliyah maka pahamilah bahwa kuliyah itu untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, bukan untuk mencari kerja semata” begitu kata Khabib di sela-sela penyampaian materi

Dalam waktu yang sama, afif yang juga salah seorang panitia kegiatana menambahkan “kegiatan BTOPH ini juga memberikan ilmu tentang dunia keorganisasian mahasiswa IKM yang bernama ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa kesehatan Masyarakat Indonesia) yang diisi oleh Atik Qurrota A’yuni, mimbar alumni yang diisi oleh kakanda Danang, materi Mawapres oleh Misbahudin serta materi English Fun dari Team Mahesa Institute”


ISMKMI sendiri sebagai organisasi resmi milik senat mahasiswa kesehatan masyarakat bertujuan untuk Menjalin persatuan dan kesatuan antar Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia dalam rangka pembinaan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia sebagai insan yang menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan kepekaan dan peranan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dalam mengkritisi pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan kesehatan masyarakat pada khususnya serta meningkatkan peran aktif dalam upaya promotif dan preventif demi mencapai masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat dan produktif.


Bahkan menurut penjelasan Ida I Dewa Agung Ketut Candra, salah seorang aktivis ISMKMI memberikan informasi bahwa organisasi ini sudah mendapat ijin resmi dari Dikti. "Dari organisasi ini para mahasiswa Kesehatan Masyarakat jadi tahu tentang dunia kesehatan masyarakat dan yang ada di sekitarnya" Pungkasnya

Alfatur Rohmaniyah, selaku ketua panitia mengutarakan kegembiraannya “Syukur kepada Tuhan, kegiatan ini berlangsung dengan baik, terima kasih kepada para pemateri, terima kasih pula kepada para kawan-kawan kawan panitia, terlebih terima kasih dan selamat datang serta selamat bergabung dengan kami buat para mahasiswa baru”

Agar kegiatan semakin terkesan di hati para mahasiwa baru, di hari terakhir kegiatan, para panitia mengadakan Out-Bond yang mengasikkan. Outbond berguna untuk mengeratkan tali persaudaraan antar mahasiswa, karena patut diketahui bahwa mahasiswa Stikes Strada berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Selamat menjadi bagian dari Jutaan Mahasiswa kesehatan masyarakat diseluruh dunia. (Red.S) 

____________________





Tidak ada komentar