Din Syamsudin dan Kontribusinya Untuk Islam di Jepang





Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsudin kembali meraih penghargaan dari luar negeri. Setelah kiprahnya selama ini sebagai wakil dari Umat Islam di Dunia, bahkan sampai didaulat di forum PBB. Baru-baru ini Pria asal NTB itu mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Jepang, yang diwakili oleh Kedubes Jepang di Indonesia.

Penghargaan itu disampaikan Yasuaki Tanizaki di Kediaman Dubes Jepang, Jl. Daksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan (30/09/16). Din Syamsudin dinilai memiliki kontribusi dalam hubungan Jepang dengan negara sahabat. Din yang juga ketua Dewan Pertimbangan MUI tersebut telah beberapa kali ke Jepang untuk memberikan Pengertian tentang Islam kepada Pemerintah dan Masyarakat Jepang secara Umum.

“Bapak Din Syamsudin berperan besar dalam memberi pengertian Islam di Jepang, terutama terkait penyediaan makanan halal,” ucap Tanizaki, dikutip dari website pribadi Din Syamsudin.

Selain itu, Din Syamsudin juga dianggap sebagai tokoh Muslim Asia yang berkontribusi besar terhadap perkembangan kerukunan antar agama. Din pun juga menjadi Presiden Asian Conference on Religion and Peace (ACRP) yang berpusat di Tokyo. Organisasi ini terdiri dari 22 Negara yang concern terhadap isu kemanusiaan.

Sebelum itu, Din Syamsudin juga seringkali diundang ke berbagai forum perdamaian dunia. Belakangan ia juga diundang khusus oleh Paus Fransiskus dalam sebuah forum antar umat begarama. Din mewakili Umat Islam, karena ia adalah tokoh yang berasal dari sebuah negera dengan populasi Muslim terbesar di Dunia. (red.s)

Tidak ada komentar