Orang Paling Sehat dan Berumur Panjang di Dunia (Studi Rahasia Hidup Sehat ala Orang Hunza)

oleh: Khabib M. Ajiwidodo*



      Sudah menjadi fakta di khalayak umum bahwa orang-orang jaman dulu mampu berumur hingga 100 tahun lebih dengan rata rata usia hidup mencapai 70 tahun. Namun untuk orang jaman sekarang , mempunyai usia panjang mencapai 100 tahun adalah hal yang sangat langka. Bisa hidup sampai 70 tahun saja merupakan sebuah anugerah yang besar. Dan bahkan rata-rata usia hidup orang sekarang hanya sekitar 50 sampai 65 tahun.

Akan tetapi tahukan kita bahwa saat ini di belahan dunia masih ada sekelompok orang yang mampu bertahan hidup mencapai 130 tahun lebih. Dialah Orang – Orang Hunza

potret wanita hunza yang berusia sangat senja


Orang-orang Hunza tinggal di lereng pegunungan Himalaya, mereka dikenal jarang sakit dan berumur panjang. 120 tahun sampai 140 tahun adalah rata-rata usia orang Hunza. Akhirnya para ahli menemukan rahasia awet hidupnya, yaitu dari pola hidup dan makanannya. Mereka orang Hunza terbiasa makan buah buahan segar, buah yang dikeringkan dan Sayuran segar sebagai menu utama makanannya. Mereka jarang makan makanan yang diolah, kecuali daging dan makanan yang berlemak. Selain itu mereka juga hidup di kawasan bebas polusi, udara segar dan sumber mata airnya sangat jernih, yang keluar dari sela sela bebatuan.


potret orang Hunza, terlihat anak dan Bapaknya sudah sama sama tua tapi tetap sehat dan segar

lembah Hunza


Mereka jarang terkena penyakit degeneratif dan penyakit berbahaya. Mereka hampir tidak ada yang terkena penyakit jantung, stroke, darah tinggi, liver, paru paru, ginjal yang saat ini melanda hampir di seluruh kehidupan modern. 
Pada usia 85-100 tahun mereka masih bekerja di ladang dan gigi merekapun masih lengkap, tulang yang kokoh dan kulit yang sehat. Melihat hal tersebut ada sebuah pertanyaan,

Darimana mereka memperoleh kalsium?

Mengapa mereka mampu mengendalikan jumlah kalsium yang cukup dalam tubuhnya?

Rahasianya adalah, mereka memperoleh kalsium dari sayuran hijau segar yang menjadi makanan rutinnya. Mereka banyak mengkonsumsi sayuran segar yang mengandung "prekursor vitamin A" dan "karoten", yang membantu mengontrol kalsium dalam tubuh serta mengandung kalsium yang banyak.

Memang, kondisi hidup sehat dan umur panjang seperti orang-orang Hunza jauh berbeda bila di bandingkan dengan manusia modern yang umumnya bergantung pada pola makan supermarket yang serba instan dengan berbagai toksik pengawet, pewarna, perasa makanan yang berasa enak tapi kurang baik bagi tubuh kita dan rendah akan kandungan gizi atau istilahnya " foodless food".

Pada umumnya orang Hunza meninggal bukan karena penyakit, akan tetapi karena tua atau penyakit tua alami. Sebenarnya kondisi tersebut bisa di capai oleh siapa saja, asalkan memperhatikan kebutuhan tubuhnya dengan cara menyeimbangkan asupan nutrisi makanan yang bermanfaat bagi tubuh, halal dan bergizi.

tetap sehat, itulah orang Hunza

orang - orang Hunza sedang mengeringkan buah- buahan secara alami

Itulah rahasia  awet sehat dan berumur panjang Orang - Orang Hunza. Bila kita renungkan ternyata orang orang Hunza ini sudah mengamalkan salah satu ajaran islam, yang mengajarkan untuk makan makanan yang halal lagi baik (halalan thoyyiban). Baik untuk tubuhnya dan mengerti kebutuhan tubuhnya, bukan sekedar nafsu perut dan lidah.

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dangan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”.  (Q. S Al Baqarah. 168)


Pustaka: Buku "tubuh Anda adalah dokter terbaik" karya Dr. Husen A. Bajry, M. D, Ph. D



*Penulis Artikel ini adalah alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat, STRADA Kediri, Jawa Timur

Tidak ada komentar