Anies Baswedan Meraih Literacy Promotor dari IKAPI


Srengenge - Anies Baswedan menjadi salah satu dari tiga peraih penghargaan yang diberikan katan Penerbit Indonesia (IKAPI) dalam ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/16). Anies yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu didapuk sebagai literacy Promotor atas dedikasinya dalam kampanye budaya membaca di Indonesia.

"Sebuah kehormatan saya mendapat kabar 2-3 hari lalu, saya merasa apa yang kami kerjakan sudah selayaknya dikerjakan dari Kemendikbud. Di luar sana ada lebih dari enam ribu taman bacaan. Mereka adalah promotor literasi sesungguhnya. Saya hanya mewakili mereka, kita memiliki tanggungjawab moral tentang minat baca dan daya baca. Kita membutuhkan Indonesia yang memiliki daya baca tinggi dan memiliki karya-karya literatur yang mendunia," ucap Anies dalam sambutannya seusai meraih penghargaan.

Selain itu, kesuksesan Indonesia sebagai tamu undangan dalam acara Frankfurt Book Fair beberapa bulan lalu juga tidak lepas dari figur dirinya selaku Mendikbud. Anies sendiri pernah disebut sebagai 100 Intelektual Publik Dunia versi Majalah Foreign Policy. Dedikasinya dan kiprahnya sebagai akademisi membuat ia disegani, tidak saja dalam dunia intelektualisme, tapi juga dalam panggung politik.

Selain aktif dalam kampanye membaca, Anies juga dikenal sebagai penggagas Indonesia Mengajar serta membuat satu gerakan bernama turun tangan. (red.s)

Tidak ada komentar