Kenapa Penulis Harus Banyak Membaca?





Jika ingin menjadi penulis, satu hal yang penting dan wajib adalah banyak membaca. Kenapa? Membaca bisa memberikan inside untuk memperkaya pemberdaharaan kata. Membaca juga memberikan informasi dan wawasan baru yang mungkin saja belum kita ketahui sebelumnya. Hal itu penting bagi penulis.

Setiap pembaca ingin mendapatkan hal baru dari bacaan yang dia konsumsi, tentu saja ini membutuhkan seorang penulis yang memiliki wawasan berlebih dibandingkan pembaca. Selain itu, penulis harus memiliki perspektif dalam hal tertentu agar memberikan alternatif cara pandang atas suatu hal. Misalkan, bagaimana cara penulis memandang sebuah realitas tertentu.

Jadi ada dua hal yang harus berbeda sebagai seorang penulis yang memproduksi karya tulis, dengan pembaca biasa. Pertama, dia harus memiliki informasi dan wawasan berlebih atas apa yang ingin dituangkan dalam karya tulisnya. Kedua, dia harus memiliki perspektif tersendiri atas hal tersebut. Tentu ini membutuhkan kepekaan dan keterbukaan pikiran.

Karena itulah, pentingnya seorang penulis untuk membaca, dan melihat sesuatu dari banyak perspektif agar pembaca mendapatkan sesuatu yang baru. Tentu tulisan yang bagus, tidak hanya indah bahasanya, tapi juga kaya makna. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar